Walikota Tual Ucapkan Selamat Kepada Wisudawan-Wisudawati Polikant Angkatan ke-XIV Tahun 2019

Polikant News, Walikota Tual menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan-wisudawati Politeknik Perikanan Negeri Tual angkatan ke-XIV Tahun 2019. “Pertama-tama atasnama pemerintah Kota Tual, saya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati beserta orang tua dan keluarga atas keberhasilan yang telah diraih serta selamat kepada lembaga pendidikan tinggi Politeknik Perikanan Negeri Tual atas terselenggaranya wisuda mahasiswa Angkatan ke-XIV tahun akademik 2018/2019, semoga momentum wisuda ini semakin meningkatkan tekad dan semangat civitas akademika untuk terus memberikan yang terbaik bagi almamater, masyarakat, bangsa dan negara”. ucap Adam Rahayaan dalam sambutannya.

“….pada hakekatnya baru memulai langkah dan pengalaman baru yaitu sebagai seorang lulusan dan alumni yang akan berkiprah dan berkarya dalam pembangunan daerah. Disamping itu, saudara-saudari diharapkan memiliki pemikiran-pemikiran dan gagasan-gagasan baru yang dapat memajukan dan merubah perilaku masyarakat, terutama yang berkaitan dengan pengolahan sumber daya laut dan pesisir”. Hal itu disampaikan Rahayaan sebagai harapan kepada wisudawan, karena diketahui “bahwa lebih dari 80% wilayah Provinsi Maluku merupakan lautan dan lebih dari 80% wilayah Kota Tual juga merupakan lautan, maka sudah barang tentu orientasi pembangunan di daerah ini mengarah ke sektor ke kelautan dan perikanan dan pemberdayaan masyarakat pesisir”, terang Rahayaan.

Dalam sambutannya, Walikota Tual itu sempat menyinggung tentang pelaksanaan penandatanganan MoU oleh dirinya sebagai Pemerintah Kota Tual dengan pihak Politeknik Perikanan Negeri Tual yang dihari itu mengukuhkan sebanyak 140 orang wisudawan sebagai lulusan Politeknik Perikanan Negeri Tual. Rahayaan mengatakan, bahwa “beberapa bulan lalu saya telah menandatangani MoU dengan Politeknik Perikanan Negeri Tual, adapun tujuan kerjasama itu untuk melakukan supervisi, eksperimen atau penelitian terutama di daerah pesisir”, “…. Insya Allah 2020, secara internal kita (Pemkot Tual) sudah bahas dengan SKPD terkait untuk dana sharing APBD 2 untuk mendukung kegiatan dimaksud”. Ungkapnya sebagai dukungan guna meningkatkan potensi perikanan di Maluku yang diyakininya sebagai primadonanya orang Maluku.

Ditemui usai pelaksanaan rapat senat terbuka luar biasa dalam rangka wisuda Diploma III Angkatan ke-XIV Tahun 2019 Politeknik Perikanan Negeri Tual yang berlangsung di Gedung LPTQ Dumar, Kota Tual, Walikota Tual Ust. Adam Rahayaan, S.Ag., M.Si. kepada Tim UKM Jurnalistik Polikant menyampaikan pesan bahwa “lulusan Polikant harus menjadi solusi dan tidak menjadi beban, utamanya dalam penyerapan tenaga kerja”. Hal tersebut dikatakan Walikota Tual, ketika ditanya bagaimana respon pemerintah daerah, dalam hal Pemerintah Daerah Kota Tual dalam menyikapi ada begitu banyak lulusan baik sarjana maupun diploma dari sejumlah perguruan tinggi yang setiap tahunnya baik yang ada di Kota Tual maupun Kabupaten Maluku Tenggara, utamanya untuk penyerapan tenaga kerja.


Posted

2019-09-10 15:11:51

News