Tim PPPUD Polikant Memberikan Pemahaman Dalam Meningkatkan Mutu Hasil Panen Teripang Pasir Bagi Mitra

Polikant News, Berlokasi di Ohoi (Desa) Langgur Kabupaten Maluku Tenggara, Tim Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) Polikant melakukan pelatihan kepada masyarakat dalam rangka memberikan pemahaman bagaimana cara meningkatkan mutu hasil teripang pasir (Holothuria scabra).

“Kami mencoba memberikan pemahaman kepada masyarakat nelayan yang berada di sekitar Ohoi (Desa) Langgur Kabupaten Maluku Tenggara tentang bagaimana caranya meningkatkan mutu hasil panen teripang pasir, termasuk bagaimana cara pengelolaannya” kata Santi P.T. Rahantoknam, S.Ik, M.Si yang menjadi salah satu anggota Tim PPPUD kepada Tim Jurnalistik Polikant yang ditemui di ruang kerjanya Selasa (16/07/2019).

Kita tahu bahwa teripang pasir ini memiliki Kapur pada permukaan kulitnya akan tetapi dengan penanganan yang baik selain menghilangkan kapur tersebut, mutu teripang tetap terjaga Terang Santi, melanjutkan penjelasannya terkait maksud kegiatan pelatihan kepada masyarakat yang di gelar pada Kamis siang (11/07/2019) itu. Dirinya juga mengungkapkan, bahwa pelatihan ini adalah merupakan bagian dari pelaksanaan Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) Kemristekdikti yang sudah dikelola sejak tahun 2018

Hal serupa juga diungkapkan oleh Tim lainnya, Syahibul Kahfi Hamid, S.Pi., M.P., yang ditemui di sela-sela hari kedua pelaksanaan Ujian Akhir Semester – Genap Tahun Akademik 2018/2019. Kepada Tim Jurnalistik Polikant Zhaky sapaan akrab Syahibul Kahfi Hamid itu menerangkan bahwa dengan pelaksanaan kegiatan pelatihan itu, masyarakat dapat meningkatkan kemampuan dalam mengelola hasil panen teripang dengan baik, sesuai dengan mutu yang diinginkan oleh pasar sehingga nilai jual teripang juga tetap menjadi lebih baik.

Posted

2019-07-17 07:14:23

News