Sosialisasi Lembaga Sertifikasi Profesi P1 di Kampus Polikant

Polikant News, Bahwa dalam tataran ketenagakerjaan, persaingan tenaga kerja baik didalam maupun diluar negeri dimasa-masa yang akan datang akan mengalami arus perubahan diiringi dengan persaingan yang ketat antara mereka para pencari kerja.

Dengan dibukanya berbagai macam kran kerjasama baik bilateral maupun multilateral, termasuk semakin ketatnya persyaratan yang diminta oleh “mereka” Lembaga-lembaga penyedia lapangan kerja baik milik pemerintah maupun swasta seakan menuntut peran yang cukup ekstra bagi penyelenggara Pendidikan baik formal maupun nonformal disemua lini dan jenjang, utamanya bagi Lembaga Pendidikan tinggi vokasi, tidak terkecuali bagi Politeknik Perikanan Negeri Tual dalam menyiapkan lulusannya.

“Semua itu diselenggarakan atas dasar kesadaran akan tuntutan “pasar kerja” dan juga kesadaran atas upaya yang tengah dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk meningkatkan daya saing dan menurunkan mismatch tenaga kerja, sehingga dengan itu Selasa (10/12/2019) lalu, bertempat di Hotel Kimson Langgur kita telah melangsungkan Sosialisasi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-P1) serta Penjelasan Tahapan-Tahapan Pembentukannya dengan menghadirkan dua orang narasumber sekaligus, yakni Andi Imran Anshari, S.Pi., M.Si. dan Ahmad Daud, S.TP., M.Si. yang kedua-duanya merupakan perwakilan dari LSP Politani Pangkep yang kehadiran mereka semata-mata diharapkan dapat menghadirkan pemahaman yang sama apa dan bagaimana peran dari LSP dan tentunya dari kegiatan sosialisasi itu dapat memotivasi Pimpinan Polikant termasuk para dosen yang ada di Polikant ini dalam mempersiapkan segala sesuatunya utamanya yang terkait dengan berbagai dokumen yang menjadi persyaratan pendirian LSP”. Jawab Dr. Usman Madubun, S.Pi., M.Si selaku Ketua Pokja LSP yang juga adalah Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Polikant itu kepada Tim UKM Jurnalistik saat ditanya apa urgensinya dengan pembentukan LSP ini bagi Polikant, saat ditemui dipelataran kantor Pusat Polikant pada Rabu (11/12/2019) lalu.

Usman menambahkan, bahwa “lulusan Polikant mulai tahun depan selain akan mendapatkan Ijazah, mereka juga akan dibekali dengan Sertifikat Kompetensi Pendamping Ijazah (SKPI) sesuai bidang ilmu yang ditekuni, tentunya SKPI ini diberikan melalui Uji Kompetensi dan itu hanya dapat dilakukan jika Politeknik telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)”.

Usman mengingatkan kembali, demi peningkatan mutu Pendidikan khususnya di Politeknik Perikanan Negeri Tual usai kegiatan sosialisasi ini digelar, dirinya berharap semua komponen dapat bersatu padu dalam mempersiapkan pembentukan LSP-P1 Polikant.

Posted

2019-12-12 09:24:05

News