Rute Akhir Perjalanan Tim Peneliti Prodi AGP Polikant Dalam Mengeksplorasi Pulau Kei Besar

Polikant News, Berangkat dari Pelabuhan Ohoi (Desa) Rat Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara pada Sabtu pagi (13/07/2019), dengan menumpangi KM Bunga Tanjung 05 Tim Peneliti Program Studi AGP berangkat menuju Ohoi (Desa) Langgiar Kecamatan Kei Besar Selatan Barat Kabupaten Maluku Tenggara dan selanjutnya secara berturut-turut ke Ohoi Uat, Ohoi Ohoilean dan terakhir ke Ohoi Ngan.

Penuh semangat, Tim yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa itu menempuh perjalanan dari Ohoi satu ke Ohoi berikutnya dengan berjalan kaki, walaupun diselimuti terik matahari.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan Tim Jurnalistik Polikant yang ikut dalam rombongan siang itu, bahwa kegiatan pengumpulan data sebagai salah satu metode penelitian tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan pada beberapa Ohoi sebelumnya. Yakni dengan melakukan wawancara secara langsung dengan para nelayan di setiap ohoi-nya.

Hanya saja, yang menarik dari seluruh rangkaian kegiatan pengumpulan data itu, ketika Tim disambut oleh Kepala Ohoi yang diwakili Sekretaris Ohoi Hasan Matdoan dan masyarakat-nya. Disana, tim disambut dalam sebuah upacara sederhana. Dan di kesempatan itu, Hasan sempat menyebutkan saat memberikan sambutannya bahwa jika harus  disejajarkan, maka potensi perikanan di Ohoi Uat ini sama dengan Ohoi Selayar dan Ohoi Sathean yang mana kedua ohoi ini diketahui memiliki potensi perikanan yang cukup bagus di tingkat Kabupaten Maluku Tenggara. Ungkap Hasan, optimis dihadapan Tim Peneliti yang berasal dari Polikant dan sejumlah masyarakat yang hadir siang itu.

Ditempat yang berbeda, tepatnya saat Tim mengakhiri kegiatan pengumpulan data di Ohoi Ngan, yang juga merupakan rute terakhir Tim Peneliti melakukan eksplorasi di Kepulauan Kei Besar. Syahibul Kahfi Hamid, S.Pi., M.P. yang mewakili anggota Tim Peneliti Prodi AGP mengungkapkan hal yang sama saat Tim disambut oleh masyarakat Ohoi Uat. Di Ngan, Syahibul menyebutkan kegiatan yang dilakukan hari ini, adalah salah satu tugas atau kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang Dosen sebagaimana disebutkan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya menyebutkan tentang penelitian, sembari mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah sudi meluangkan waktunya dalam memberikan data kepada Tim.

Posted

2019-07-20 12:17:45

News