POLIKANT DIVING CLUB (PDC) TURUT HADIR DI JAMBORE SELAM NASIONAL IX DAN KONGRES IV FORUM PENYELAM MAHASISWA INDONESIA DI TERNATE

Polikant Diving Club (PDC) merupakan club scuba diving yang didirikan di Politeknik Perikanan Negeri Tual.PDC sendiri sudah dua kali  mengikuti Jambore FoPMI,yang pertama saat diselenggarakan di Ambon, dan kedua yang diselenggarakan pada tahun ini dimana Polikant Diving Club (PDC) mengirimkanlima anggota untuk turut berpartisipasi dalam Jambore Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia (FoPMI) ke-9 dan Kongres FOPMI ke-4. Kegiatan tersebut berlangsung pada 4-10 April 2018 di Universitas Khairun (Unkhair), Kota Ternate, Maluku Utara.Adapun tema jambore tahun ini yakni “Pesona Bumi Moloku Kie Raha”.

Delegasi dari PDC yang dikirimkan dalam jambore tersebut diantaranya Rastum Hanubun, Gilang Rettob, Leonardo, Mey, Ishak dan Igo. Jambore FoPMI merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2009 lalu oleh organisasi selam mahasiswa Indonesia. Jambore tahun ini melibatkan kurang lebih 40orang mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di berbagai wilayah Indonesia.ada beberapa spot diving yaitu Taman Nukila, Taman Falajawa, Pantai Sulamadaha dan Pantai Jikomalamo dan underwater clean up atau pembersihan bawah laut yang dilakukan di laut depan taman Fala Jawa. Fun divemerupakan kegiatan menyalam untuk menikmati dan melihat keindahan bawah laut, Fun dive dilakukan sebanyak 4 kali, dan juga melihat tempat transplantasi karang bawa laut. Kegiatan yang terakhir adalah kongres. Dalam kongres untuk menentukan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, pemilihan ketua umum, dan pemilihan tuan rumah jambore berikutnya di Lampung (Pulau Krakatau) pada tahun 2019 dan kemudian di tahun 2020 akan dilakukan di Bengkulu tepatnya di Pulau terluar Enggana.

Kegiatan ini penting diselenggarakan sebagai media kampanye bagi peserta diving tentang arti pentingnya menjaga kelestarian pantai dan laut,serta selalu menjaga diri saat melakukan diving.


Posted

2018-08-10 07:27:27

News