Penandatanganan Nota Kesepahaman, Polikant – Pemkot Tual

Penandatanganan Nota Kesepahaman, Polikant – Pemkot Tual

Polikant News, Bertempat di ruang kerjanya pada Rabu siang (24/07/2019), Direktur Polikant Jusron Ali Rahajaan, S.Pi., M.Si. bersama dengan Walikota Tual Adam Rahayaan, S.Ag., M.Si melakukan penandatanganan nota kesepahaman dalam bidang pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat dan perencanaan pembangunan. Acara penandatanganan yang dihadiri sejumlah Kepala SKPD lingkup pemerintah kota Tual dan sejumlah unsur pimpinan Polikant itu berlangsung khidmat.

Sebelum penandatanganan nota kesepahaman dilakukan, Direktur Polikant menyebutkan dalam sambutannya bahwa dirinya sangat mengapresiasi sekaligus berterima kasih atas langkah yang diambil oleh Pemerintah Kota Tual, terutama kepada bapak Adam Rahayaan, S.Ag., M.Si. atas kesediaannya menjadikan Polikant sebagai mitra dalam merencanakan dan merumuskan pembangunan berbasis perikanan dan kelautan bagi masyarakat Kei yang ada di Kota Tual sembari mengenang sejarah Polikant yang memiliki hubungan emosional baik sebelum dan sesudah Kota Tual dimekarkan dari Kabupaten Maluku Tenggara. Menurut dirinya, sejak pemekaran itu, kehadiran Walikota Tual ke institusi yang saat ini dipimpinnya ini sangat dinanti-nantikan oleh seluruh civitas akademika, bersyukur hari ini untuk pertama kalinya bapak (Walikota Tual) telah sudi berkunjung ke ketempat kami, sebut Jusron dalam sambutannya.

Diakhir sambutannya sebelum memperkenalkan satu per satu jajaran dibawahnya, Jusron juga menyebutkan beberapa perkembangan dan infrastruktur yang saat ini telah dan sedang dilakukan oleh Polikant baik dibidang akademik maupun non akademik. Dirinya menyebutkan bahwa “saat ini kapal latih berukuran 28 GT milik Polikant yang diberikan oleh Kemenristikdikti sedang dalam perjalan menuju Tual, dan jika tidak berhalangan Pak Menteri (Menristekdikti) sendiri yang akan menyerahkan langsung di Tual, hal ini disampaikan sekaligus sebagai undangan kepada Pemerintah Kota Tual secara lisan, kiranya Pak Wali dapat berkenan hadir”, kata Jusron. “Kemudian dalam sebulan-dua kedepan akan digelar Seminar International (MSFT) yang menghadirkan Pemateri dan Peserta dari beberapa negara, untuk hal ini kami juga meminta dukungan Pemerintah Kota Tual untuk dapat menyukseskan ivent tersebut, sebagai media promosi potensi pariwisata, perikanan dan kelautan”, terang Jusron. Sehingga, dirinya pun menegaskan, bahwa “dengan perkembangan dan infrastuktur yang ada, ditambah lagi periode ini merupakan periode terakhir bagi bapak (Walikota Tual), dimana pasti bapak akan berupaya meninggalkan legesi di masa kepemimpinan bapak, maka dengan itu Polikant siap membantu Pemerintah Kota Tual dari sisi akademis”. Sebut Jusron penuh keyakinan.

Dikesempatan yang sama, Walikota Tual Adam Rahayaan, S.Ag., M.Si. juga menyampaikan hal senada. Adam berharap, kedepan Polikant dapat memberikan sumbangsih kepada masyarakat di wilayahnya meski harus mengambil contoh dan perbandingan dengan daerah-daerah lainnya. Adam memberikan contoh, misalnya pembudidayaan teripang di sekitar Desa Faan atau Langgur di Kabupaten Maluku Tenggara. Menurut dirinya, hal tersebut dapat dilakukan di wilayahnya, mengingat secara geografis kedua daerah ini memiliki kesamaan.

Usai penandatangan, Adam kembali berharap kepada dosen-dosen di Politeknik Perikanan Negeri Tual ini agar bersedia dan siap membantu memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakatnya dibidang perikanan dan kelautan. Misalnya, mengolah makanan lokal yang saat ini sedang dikembangkan oleh Polikant yang di siang itu Ia juga sempat mencicipi dan menerima beberapa bingkisan sebagai oleh-oleh yang diberikan oleh Direktur Polikant yakni Enbal Crispy Rumput Laut (ECRL), dan pelatihan-pelatihan lainnya termasuk memberikan pelatihan tentang pengolahan produk-produk perikanan, tentang kapal hingga pengelasan di dasar laut. Agar, program pemberdayaan kepada masyarakat yang dilakukan oleh dirinya kedepan, dapat betul-betul dirasakan manfaatnya. Ungkap Walikota Tual, merespon apa yang telah disampaikan oleh mitra barunya itu.

Posted

2019-07-25 07:24:45

News