PARTISIPASI POLIKANT PADA "AITEC" 2021

Aitec (Agricultural Innovation Technology Competition) merupakan kegiatan rutin yang sudah diselenggarakan kali ke-3 dan bertuan rumah Politeknik Negeri Jember (Polije).

Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian (AITEC) dimaksudkan untuk mewadahi dan memfasilitasi pengembangan potensi dan kompetensi mahasiswa di bidang pertanian dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Ada 2 (dua) kategori Bentuk Kompetisi yang diselenggarakan kategori, yaitu: Kompetisi Inovasi Teknologi Kontes Vokasi Bidang Pertanian. 

Ditemui di Gedung Direktorat, Ballroom Lt.3 (29/10/2021), Ismi Ist'ianah, S.Si., M.Si. (Koordinator Aitec) menyampaikan "Polikant ingin berpartisipasi dalam kontes AITEC karena levelnya nasional dan bersaing dengan Politeknik di seluruh Indonesia. Ditahun ini juga Polikant menuliskan sejarah bahwa dari mahasiswa Polikant ada yang mengikuti lomba kompetisi inovasi dibidang teknologi karena yang biasanya hanya mengikuti sebatas kontes vokasi saja."

Penyelenggaraan AITEC tahun ini dari seleksinya, dan babak penyisihannya dilakukan melalui daring. Adapun sebelumnya peserta mendaftar melalui website kemudian mengirimkan proposal atau materi kemudian akan diberikan diberikan nomor undian saat teknikal meeting dan ada babak penyisihan melalui zoom online.

Total peserta POLIKANT tahun 2021 adalah 14 mahasiswa diantaranya 8 orang kontes vokasi dibagi 4 peserta dibagian penyuluh perikanan dan 4 peserta dibagian filet ikan. Kemudian 6 mengikuti kompetisi inovasi bidang teknologi yaitu 1 kelompok ecoenzym dan 1 kelompok harmony terdiri dari 3 org melalui seleksi awal proposal kemudian evaluasi dgn mengirimkan video yang berisi penilitian dan percobaan dari proposal tsb. 

"Untuk kontes vokasi kita hanya mengirimkan data saja dan materi untuk nnti dilombakan pada tgl 27-29 Nnti setelah tanggal 30 akan diumumkan peserta yang masuk ke final aitec di polije pada tgl 7 oktober 2021. Terkait kendala yg dihadapi sebagian besar karena jaringan mungkin kemarin saat teknikal meeting hingga ada beberapa peserta yang belum bisa join saat teknikal meeting. Kemudian adanya materi yang beragam sehingga peserta harus mempelajari ulang." Ujar Ismi


Beliau berharap khusus untuk mahasiswa polikant semoga di AITEC ke-4 akan lebih banyak lagi kontingen dari polikant yang bisa mengikuti lomba kompetisi inovasi maupun vokasi karena kontes ini berskala nasional guna untuk menunjang peningkatan softskill dari mahasiswa. 

Posted

2021-09-30 13:46:28

News