LANGKAH PEMANFAATAN ASET LIPI TUAL OLEH POLIKANT

POLIKANT.AC.ID. LANGGUR -- Perampingan Kementerian dan Lembaga setelah periode kedua Pak Jokowi mengakibatkan beberapa aset-aset instansi teknis di daerah seperti Stasiun-stasiun peneltian LIPI terjadi kevakuman dan tidak termanfaatkan dengan baik.

Melihat hal ini, Direktur dan pimpinan Politeknik Perikanan Negeri Tual berembuk dan melakukan koordinasi, surat-menyurat, kunjung-mengunjungi dengan LIPI Tual serta Kepala LIPI Pusat agar Politeknik Perikanan Negeri Tual dapat mengelolah dan memanfaatkan aset-aset yang ada di LIPI Tual.

Direktur Politeknik Perikanan Negeri Tual, Jusron Ali Rahajaan, S.Pi., M.Si. menyampaikan “sudah ada informasi asetnya, cuman ada tahapan lain yang harus ditempuh oleh LIPI yaitu berkoordinasi dan melaporkan ke Kementerian Keuangan sebagai pemegang hak milik barang negara kemudian nanti setelah itu ditetapkan Kemenkeu barulah akan dilakukan penandatanganan MOU dan perjanjian kerjasama tripartit antara LIPI, Pemda Malra, dan POLIKANT

Aset LIPI Tual yang kemudian akan dikelola Politeknik Perikanan Negeri Tual yaitu berupa Gedung Laboratorium, peralatan laboratorium bergerak dan tidak bergerak serta rumah dinas.

Beberapa aset tersebut berstatus Serah Terima Sementara dalam jangka waktu pemanfaatan selama 5 tahun.

harapannya kebutuhan terhadap pengembangan laboratorium yang tidak bisa kita laksanakan karena keterbatasan anggaran dan belanja program di kita itu bisa dijawab dengan apa yang ada di LIPI sehingga bisa dimanfaatkan untuk rumpun kelautan, biologi laut, kemaritiman, kemudian laboratorium-laboratorium pengolahan hasil dan laboratorium budidaya. Insya Allah ini berjalan baik dan bisa menjawab kebutuhan Kampus Merdeka – Merdeka Belajar untuk pemantapan kurikulum mahasiswa”. ungkap Jusron. 

 

Posted

2021-07-05 03:17:24

News