KUNJUNGAN DIREKTUR DAN PIMPINAN CIVITAS AKADEMIK POLIKANT KE PT. SAMUDERA INDO SEJAHTERAH

Polikant.ac.id - Langgur (Rabu, 13/10/2021). Direktur dan Pimipnan civitas akademik POLIKANT, beberapa Kaprodi beserta Staf Dosen yang relevan melakukan kunjungan ke PT. Samudera Indo Sejahterah (SIS). Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari inisiasi kerja sama POLIKANT dengan mitra industry PT SIS yang sebelumnya telah melakukan kunjungan ke POLIKANT. PT. SIS merupakan perusahaan multi nasional yang bergerak dibidang eksplorasi dan eksploitasi sumberdaya perikanan kelautan yang bertempat di Desa Ngadi, Kota Tual.

Ditemui selepas kunjungan tersebut, Direktur Politeknik Perikanan Negeri Tual (Jusron Ali Rahajaan, S.Pi., M.Si) menyampaikan bahwa kunjungan tersebut adalah tanggapan terhadap keinginan PT. SIS yang berkeinginan untuk ikut bekerjasama mengembangkan sektor kemaritiman lebih spesifik ke budidaya rumput laut, budidaya beberapa jenis ikan ekonomis lainnya serta perikanan tangkap terutama soal penyediaan sdm bagi pelaut perikanan dan langkah-langkah produksi dan penanganan persiapan kultur jaringan pembibitan rumput laut.

“Hal tersebut juga merupakan wujud dukungan keluar kepada pemerintah daerah Kota Tual dan Kab. Maluku Tenggara yang saat ini berada pada salah satu sentra untuk pengembangan ekspor perikanan kelautan. Kedalamnya sejalan dengan program kemdikbudristek yaitu program kampus merdeka belajar dimana lebih spesifik pada program 8 + I dan program pengembangan program studi diploma II fast track bersama kemitraan SMK unggulan…” Ungkap Jusron.

Jusron menambahakan bahwa POLIKANT harus segera melakukan akselerasi dengan kerja sama dengan industri, mengkonversi kurikulum, menyesuaikan dan mengakomodir program yang dicanangkan kemendikbudristek dengan penyelarasan dan peningkatan-peningkatan status diploma III menjadi diploma IV sehingga diploma II yang akan mengisi kekosongan tersebut bisa berjalan dengan mitra industry PT. SIS dan Bersama dengan pemerintah daerah untuk ikut sebagai bentuk dari tripartite.

“Hal ini penting untuk menyediakan sumberdaya manusia yang kompeten dan professional yang layak digunakan di dunia kerja industri dan bekerja untuk mengembangkan eksplorasi sumberdaya perikanan di Maluku dimana Maluku sendiri merupakan daerah yang sudah ditetapkan sebagai lumbung ikan nasional dan ini bentuk daripada jawaban atas penetapan pemerintah tersebut.” Ujarnya

Terkait hal tersebut Jusron juga menyampaikan bahwa “memang masih banyak kendala yang harus diatasi masih banyak kekurangan yang harus dipenuhi tapi kita harus memulainya, kita tidak bisa menunggu kesempurnaan untuk memulai sesuatu tetapi kita harus memulai dengan kondisi terkini dan dengan hasil yang kita peroleh dari kunjungan, diskusi, saling memberi masukan dan memberi koreksi Insya Allah dalam waktu yang dekat kita akan melakukan banyak loncatan dan perubahan-perubahan”.


Posted

2021-10-14 11:06:41

News