Keluarga Besar Polikant Peringati Hari Lahir Pancasila

Polikant News, Sabtu pagi (01/06/2019) keluarga besar Politeknik Perikanan Negeri Tual menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir  Pancasila. Upacara yang dipimpin langsung oleh Direktur Polikant Jusron Ali Rahajaan, S.Pi., M.Si. itu berlangsung khidmat. Meski sempat diguyur hujan gerimis, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat peserta untuk tetap melanjutkan upacara hingga usai.

Dalam arahan yang disampaikan Direktur selaku Pembina Upacara pagi itu, menyebutkan bahwa semangat memaknai Pancasila bagi generasi muda cukup tinggi, hanya saja kurikulum tidak mengarahkan kesana. Berbeda dengan kurikulum yang diterapkan beberapa tahun yang telah lewat, utamanya ketika generasi seangkatan dengan dirinya sekolah dulu, terang Jusron. Ketika masa itu, setiap kali akan mengikuti awal sekolah ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi, pasti akan dilaksanakan satu kegiatan yang dinamakan dengan Penataran Pengenalan dan Penghayatan Pancasila (P4), dan masih banyak kegiatan sejenis lainnya. Namun, hal ini sudah tidak kita ketemukan lagi, dimasa-masa sekarang, lanjut Jusron.

Selain menyebutkan sejarah, makna dan tujuan dengan pembentukan Pancasila, Direktur dengan hoby menyelam dan bermusik ini memberikan gambaran bagaimana seharusnya sikap generasi muda Indonesia terutama generasi muda yang berada di Kepulauan Kei dalam memaknai Hari Kesaktian Pancasila. Ia menyarankan agar generasi muda di daerah ini harus tetap optimis dan sekaligus meyakini bahwa tanpa Kepulauan Kei masih belum bisa disebut sebagai Indonesia, karena Kepulauan Kei adalah bagian dari Indonesia.

Dirinya pun mengajak generasi muda, terutama mahasiswa Polikant untuk mencontoh sikap kepahlawanan yang telah ditunjukkan oleh pendahulunya hanya karena ingin mempertahankan Pancasila. Sebut saja namanya Karel Sadsuitubun yang tewas pada masa pemberontakan G.30.S/PKI pada tahun 1965 silam. Beliau (Karel Sadsuitubun, red) merupakan pahlawan dan juga tokoh yang dapat diteladani sikapnya.

Diakhir sambutannya, Direktur berharap kepada seluruh insan Politeknik Perikanan Negeri Tual yang hadir sebagai peserta upacara untuk tetap mengatakan NKRI dan Pancasila adalah sebagai sebuah harga mati yang perlu dipertahankan, MERDEKA.

Posted

2019-06-01 15:32:34

News