Direktur Polikant : Di Tahun 2020, Anggaran Untuk Pengabdian dan Penelitian Mandiri Polikant Akan Kita Genjot.

Polikant News, Disadari sungguh bahwa penelitian dan pengabdian adalah merupakan 2 unsur terpenting dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan hal ini melekat pada Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM). Namun dalam penyusunan anggaran, disadari pula bahwa focus anggaran kita untuk hal ini masih sangat terbatas. Sehingga melalui rapat-rapat terbatas pimpinan telah memutuskan, di tahun 2020, anggaran untuk pengabdian dan penelitian mandiri Polikant akan kita genjot. Hal tersebut disampaikan Direktur Polikant Jusron Ali Rahajaan, S.Pi., M.Si. saat membuka Workshop dan Klinik Proposal Pengabdian kepada Masyarakat di lantai III Ballroom Polikant pada Rabu pagi (12/06/2019).

Dihadapan peserta yang hadir, Jusron juga menyebutkan animo Dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian mengalami penurunan terutama dari tahun 2017 ke tahun 2018 kemarin. Namun, dirinya enggan menyebutkan hal-hal apa saja yang menjadi penyebab terjadinya penurunan animo tersebut.

Dikesempatan berbeda, Pembantu Direktur I Bidang Akademik Dani Syafardan Royani, S.Pi., M.Si mengungkapkan beberapa alasan sehingga adanya penurunan animo dosen Polikant dalam mengajukan proposal baik pengabdian maupun penelitian kepada Tim Jurnalistik saat ditemui di ruang kerjanya, usai mengikuti pembukaan Workshop dan Klinik Proposal Pengabdian siang itu.

Dani menyebutkan, setidaknya ada 3 hal yang menyebabkan penurunan animo itu terjadi terutama kegiatan pengabdian dan penelitian yang didanai mandiri oleh Polikant, yakni pertama ; rumitnya system administrasi pelaporan kegiatan dimaksud (pengabdian dan penelitian, red), kedua; Anggaran yang disiapkan oleh Lembaga sebagai dana penelitian mandiri yang terbatas, sehingga banyak usulan anggaran yang harus dipangkas setelah diajukan, dan yang ketiga ; sulitnya syarat publikasi hasil pengabdian dan penelitian pada Lembaga atau Jurnal yang telah terakreditasi.

Dengan pelaksanaan workshop dan klinik proposal pengabdian ini, diharapkan dapat membekali, mendorong serta menumbuh-kembangkan atmosfer budaya penerapan teknologi terutama bagi dosen di lingkungan Polikant, agar dapat menyusun dan mengajukan proposal berkualitas untuk diajukan sebagai usul Pengabdian setiap tahunnya.

Posted

2019-06-16 08:20:30

News