Civitas Akademika Polikant Mendukung Program Indonesia Mencatat Tahun 2020

Polikant News, Didampingi sejumlah staf-nya, Kepala Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Maluku Tenggara Ir. Alisye Kakerissamengemukakan tujuan utama dilaksanakannya sensus penduduk yang merupakan agenda sepuluh tahunan itu yakni “merekam langsung data penduduk, menyediakan data penduduk de facto dan de jure (2020) agar tidak ada perbedaan data antara BPS dan Ditjen Dukcapil serta menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk (2021)”. Hal tersebut disampaikan dirinya dihadapan civitas akademika Politeknik Perikanan Negeri Tual dalam kegiatan sosialisasi yang dikemas dalam acara Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Sensus Penduduk 2020 di Kampus Politeknik Perikanan Negeri Tual pada 25 Februari 2020

Sementara itu, Direktur Politeknik Perikanan Negeri Tual yang diwakili Pembantu Direktur I Bidang Akademik Dani Royani Syafardan, S.Pi., M.Si. saat memberikan sambutan dalam kegiatan itu menyebutkan bahwa “sensus penduduk sangat penting terutama terkait dengan penyusunan perencanaan anggaran untuk tahun-tahun sesudahnya”. Dani juga menambahkan, “terkait sensus ini, saat ini pendaftaran yang dilakukan di seluruh perguruan tinggi, hingga penerbitan ijazah sudah mulai menerapkan atau menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai salah satu syaratnya”. Menurut dirinya, hal itu dilakukan salah satu tujuannya untuk memudahkan pendataan seperti yang akan dilakukan pada saat sensus penduduk saat ini.

Rapat koordinasi dan konsolidasi sensus penduduk yang dihadiri oleh mahasiswa, dosen, pegawai dan sejumlah unsur pimpinan itu diakhiri dengan simulasi penginputan data secara online yang ditahun ini menjadi salah satu metode dari program Indonesia Mencatat dari Badan Pusat Statistik Tahun 2020.

Posted

2020-02-26 09:09:34

News