5 JALUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU POLIKANT TAHUN 2021

Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) menyelenggarakan 5 Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan pola dan tata cara yang berbeda dari tahun sebelumnya. Perbedaan penyelenggaraan ini terletak pada penerimaan program studi jenjang D4/Sarjana Terapan yang wajib dilakukan melalui pola seleksi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), sedangkan jenjang D3 pola seleksi dilakukan melalui pola SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri) dan SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri).


Adapun 5 jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut, yaitu :


1. Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru dengan memberikan kesempatan kepada pihak sekolah SMA, SMK, MA/sekolah sederajat untuk mendaftarkan siswa kelas 3 (XII) tahun pelajaran 2020/2021, untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiwa baru yang dilakukan bersama dengan seluruh Politeknik Negeri dan seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia. Jalur SNMPTN dikhususkan untuk jenjang D4/Sarjana Terapan. Pendaftaran SNMPTN dimulai dengan pengisian data PDSS dan pemeringkatan sekolah pada tanggal 10 Januari – 12 Februari 2021. Pendaftaran SNMPTN pada tanggal 15 – 24 Februari 2021.

2. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Merupakan jalur Penerimaan Mahasiswa Baru dengan mengikuti test tertulis /Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama dengan Perguruan Tinggi Negeri seluruh Indonesia (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut dan Politeknik). Proses Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SBM-PTN mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh Panitia PMB-SBMPTN Pusat, dengan pilihan Program Studi dibatasi hanya untuk jenjang pendidikan Sarjana Terapan (D4) yang ada di Politeknik Perikanan Negeri Tual dan Politeknik Negeri seluruh Indonesia serta seluruh Program Studi yang ada di PTN. Pendaftaran dimulai pada tanggal 15 Maret – 1 April 2021.

3. Jalur SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri)

SNMPN Merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru dengan memberikan kesempatan kepada pihak sekolah SMA, SMK, MA/sekolah sederajat untuk mendaftarkan siswa kelas 3 (XII) tahun pelajaran 2020/2021, untuk mengikuti seleksi Penerimaan Mahasiwa Baru yang dilakukan bersama dengan seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia. Jalur SNMPN dikhususkan untuk jenjang Diploma 3. Pendaftaran SNMPN dimulai pada tanggal 11 Januari 2021 s.d 19 Maret 2021.

4. Jalur SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri )

Merupakan jalur Penerimaan Mahasiswa Baru dengan mengikuti test tertulis /Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama dengan Politeknik Negeri seluruh Indonesia. Proses Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SBM-PN mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh Panitia PMB-SBMPN Pusat, dengan pilihan Program Studi dibatasi hanya untuk jenjang pendidikan Diploma Tiga (D3) yang ada di Politeknik Perikanan Negeri Tual dan Politeknik Negeri seluruh Indonesia. Pendaftaran SBMPN pada tanggal 10 Mei – 10 Juni 2021.

5. Jalur Mandiri

Polikant memberikan kesempatan kepada lulusan SMA, SMK, MA dan sekolah sederajat, untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru melalui test tertulis lokal yang khusus diselenggarakan oleh Politeknik Perikanan Negeri Tual. Calon Mahasiswa dapat mendaftar pada semua Program Studi untuk semua Jenjang Pendidikan (Diploma 3 maupun Program S1 terapan/ Diploma 4), yang ada di Politeknik Perikanan Negeri Tual sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan. Pendaftaran pada tanggal 21 Juni – 30 Juli 2021.


Informasi selengkapnya dapat diakses dengan mengklik tautan dibawah : 

SNMPTN : Pendaftaran Telah ditutup

SBMPTN : Pendaftaran belum dibuka

SNMPN : Klik disini

SBMPN : Pendaftaran belum dibuka.


Posted

2021-03-02 14:47:15

News